Blog

13

Jul

2018

White Flower Label Curation Program

Posted by Dewina Sugianto
White Flower Label Curation Program image

White Flower Label adalah program kurasi yang disusun oleh Komunitas Organik Indonesia dan dikelola oleh Board of Consultancy dan Advisory (BoCA).

Kurasi WFL bertujuan melindungi konsumen dari klaim palsu yang biasa dilakukan produsen, yang menyertakan kata "organik", "alami", "sehat" dan "ramah lingkungan" untuk sekedar menarik minat pasar padahal produk yang dijual tidak memiliki kriteria tersebut. Tindakan 'false advertising' atau 'greenwashing' ini umum terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Kurasi WFL dilakukan per produk. Artinya, dalam satu produsen bisa saja hanya sebagian produknya yang lolos kurasi akan tetapi produk lainnya tidak.

Dalam kurasi WFL, suatu produk dapat dikategorikan sebagai "Organic" atau Organik, yaitu untuk produk mentah yang benar memiliki sertifikasi organik dan diverifikasi kembali keabsahan praktek pertanian organiknya. Untuk produk yang tidak memiliki sertifikasi maka dapat diperkenalkan sebagai produk bebas pertisida (pesticide free), bebas bahan kimia (chemical free farming), hasil pertanian berkelanjutan (sustainable farming) atau 'organic practice'.

Produk-produk yang memiliki kriteria "Healthy" atau Sehat yaitu produk olahan yang pada proses pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Untuk kriteria ini, terbagi menjadi dua subkategori yaitu kurasi produk makanan dan kurasi produk perawatan kulit (skincare).

Untuk produk olahan makanan, tidak boleh menggunakan bahan tambahan artifisial dan bukan berasal dari tanaman GMO (Genetically Modified Organism). Secara umum, bahan tambahan yang dimaksud adalah 4P yaitu :

  • Pemanis buatan
  • Pengawet sintetis
  • Perasa sintetis
  • Pewarna sintetis

Selain itu, ada beberapa bahan lain yang tidak diperkenankan, yaitu :
Forbidden List - Food Criteria

Sedangkan untuk kriteria skincare, bahan-bahan yang dilarang lebih kompleks. Dan jenis bahan-bahan ini akan terus diperbaharui setiap waktu. Untuk kurasi yang berlaku saat ini adalah :

Forbidden List - Skincare v 9106

Kriteria terakhir adalah "Green" atau Ramah Lingkungan. Kriteria ini diberikan untuk barang-barang non-konsumsi yang dibuat menggunakan bahan baku ramah lingkungan, dengan proses yang ramah lingkungan dan juga untuk kemasan yang ramah lingkungan. Beberapa contoh produk yang masuk kategori ini adalah kriya kain dengan pewarna alam, kantong belanja non-plastik (misalnya terbuat dari singkong atau jagung) dan peralatan lain yang terbuat dari material yang dapat dikomposkan.

Sementara ini, belum terdapat list produk yang dipublikasi terkait dengan kurasi WFL. Status suatu produk dapat ditanyakan kepada kami. Kami telah memberikan plakat WFL kepada produsen yang produknya telah lolos kurasi, hal ini dapat ditanyakan kepada produsen terkait. Plakat WFL yang asli memiliki pola garis-garis hitam putih dengan logo WFL berwarna emas di sebelah kiri atas.

Semua produk yang dijual di Organik.id dipastikan telah lolos kurasi WFL.